Followers

sejarah penemuan kacamata


         
Pada era modern masa kini,kacamata sudah banyak berevolusi dari  bentuk yang sederhana hingga ke bentuk yang lebih mewah dan elegan.Kacamata pada zaman ini memiliki kegunaan dalam hal berbusana maupun sebagai alat penglihatan bagi orang yang memiliki masalah dalam hal fungsional mata.Namun, penemuan kacamata memiliki dampak yang besar bagi umat manusia.Mulai dari
pertama ditemukannya hingga saat ini di zaman modern ini.Berikut ini sejarah penemuan kacamata menurut para ahli

A.Penemuan oleh bangsa romawi
       Awal mula ditemukannya kacamata oleh bangsa romawi pertama kali sejak kaisar romawi bernama Nero yang berkuasa pada tahun 54 sampai 68 Masehi selalu menggunakan batu permata cekung untuk membaca dan menonton pertunjukkan.Walaupun tidak diketahui apakah ia memiliki kelainan pada matanya.

B.Penemuan oleh bangsa cina
      Bangsa cina saat itu membuat kacamata yang terbuat dari lensa yang cukup besar dengan bentuk oval dan juga terbuat dari batu kristal  serta bingkai terbuat dari tempurung kura kura.Supaya mereka dapat memegang kacamata,mereka menggunakan dua kawat yang diberi pemberat serta dicantolkan ke telinga mereka atau menggunakan kait yang diletakkan di pelipis mereka. Bangsa cina saat itu membuat kaca mata hanya digunakan sebagai jimat keberuntungan atau alat untuk menigkatkan kewibawaan mereka saja.

C.Perkembangan kacamata di eropa
    Penggunaan kacamata di eropa mulai dikenal pada abad ke 13,dimana kacamata yang digunakan masih memiliki kemiripan dengan bangsa cina yaitu menggunakan lensa berupa batu kristal atau batu transparan.Namun bedanya dengan bangsa cina,bangsa eropa menggunakan kacamata untuk membantu penglihatan mereka.
      Kacamata yang digunakan oleh orang eropa saat itu hanyalah kaca pembesar yang memiliki gagang untuk dipegang.Lalu ditemukanlah kacamata yang memiliki gagang untuk dikaitkan ke telinga.Lalu kacamata berevolusi menjadi kacamata yang memiliki gagang berupa pita dan selanjutnya kacamata dengan kawat bengkok yang dikeraskan untuk disangkutkan ke telinga.
   
Penyempurnaan kacamata
       Pada abad ke 9,Abbas Ibn Firnas menemukan cara untuk memproduksi lensa yang sangat jernih.Ia menggunakan batu jernih yang dibentuk dan diasah menjadi batu bulat yang dapat dibaca,batu ini terkenal dengan isitilah batu membaca.
       Namun penemuan batu membaca ini belum efektif sebagai lensa kacamata.Akhirnya pada akhir abad ke 13 ditemukan bahwa penggunaan kaca sebagai lensa lebih efektif daripada menggunakan batu transparan atau jernih.Hal ini berdasarkan penelitian ilmuan dan sejarawan inggris bernama Sir Joseph Needham.Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa kacamata ditemukan 1000 tahun yang lalu di cina kemudian tersebar keseluruh dunia pada zaman kedatangan Marco Polo tahun1270.Hal ini juga disebutkan dalam bukunya.
        Perkembangan kacamata tidak hanya sampai disitu.Pada tahun 1784,seorang ilmuan asal amerika serikat bernama Benjamin Franklin berhasil menemukan kaca mata bifokal yaitu kaca mata yang dapat digunakan dalam melihat jarak dekat maupun jauh.

Jenis jenis kacamata
1.Kacamata hitam(Black Glasses)
Hasil gambar untuk kacamata hitam

    Kacamata jenis ini pertama kali digunakan pada abad ke 12.Kacamata hitam pada suku inuit atau suku eskimo digunakan untuk melindungi mata mereka dari terpaan salju.Kegunaan kacamata hitam tidak hanya melindungi mata dari salju,kacamata hitam juga berguna untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet atau cahaya yang menyilaukan mata.Selain itu,kacamata hitam juga digunakan dalam hal bergaya dan juga digunakan oleh penderita tuna netra sebagai estetika agar mata mereka tidak terlihat.

2.Kacamata 3D
Hasil gambar untuk kacamata 3D





   Kacamata 3D digunakan dalam hal menonton tiga dimensi dimana kacamata jenis ini membantu alat vital untuk mendapat sensasi tiga dimensi.Kacamata ini memiliki satu lensa berwarna merah dan satu lensa berwarna biru atau disebut cyan.

3.Kacamata baca 
Hasil gambar untuk kacamata baca


   Kacamata baca kebanyakan digunakan bagi seseorang yang memiliki penyakit mata atau cacat mata untuk membantu penglihatan mereka menjadi normal untuk beberapa saat.Contoh kelainan mata yang dapat diperbaiki dengan kacamata jenis ini yaitu.

  •         Miopi atau disebut rabun jauh.Ini merupakan kelainan yang menyebabkan penderita kesulitan untuk melihat benda benda dengan jarak jauh,namun dapat melihat benda dari jarak dekat.Khusus untuk penderita penyakit ini harus menggunakan kacamata berlensa Konkaf atau kacamata berlensa minus.
  •         Hipermetropi atau disebut rabun dekat.Ini merupakan kelainan yang menyebabkan penderita kesulitan dalam melihat benda benda dengan jarak dekat,namun dapat melihat benda dalam jarak yang jauh Khusus untuk penderita penyakit ini harus menggunakan kacamata berlensa konveks atau kacamata berlensa plus.
  •          Presbiopi atau disebut rabun tua.Ini merupakan kelainan yang menyebabkan penderita kesulitan dalam melihat benda benda dengan jarak yang dekat maupun jauh.Khusus untuk penderita penyakit ini harus menggunakan kacamata berlensa bifokal atau kacamata berlensa ganda.
  •           Astigmatisma merupakan kelainan pada mata yang menyebabkan penderita tidak mampu membedakan garis lurus.Khusus untuk penderita penyakit ini harus menggunakan kacamata berlensa silinder.
          Penemuan kacamata merupakan penemuan yang sama luar biasanya dengan penemuan benda lain.Namun penggunaan kaca harus sesuai dengan apa yang kita butuhkan,sehingga kacamata yang kita gunakan memiliki manfaat bagi diri kita sendiri.Sekian informasi yang saya sampaikan semoga bermanfaat bagi teman teman semua yang mengunjungi blog saya.


Share:

Post a Comment

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes