Followers

sejarah penemuan topi

 Topi merupakan benda yang sangat sering digunakan dan sangat dibutuhkan.Dengan topi kita dapat melindungi sebagian wajah kita dari panasnya matahari yang sangat menyengat.Di masa lalu,topi digunakan sebagai indikator sosial.Topi juga digunakan dalam hal
aksesoris fashion,kemiliteran,dan upacara atau kegiatan kegiatan umum yang dianggap penting.Dalam hal kemiliteran,perkembangan topi menunjukkan pangkat,cabang pelayanan,dan kebangsaan.Baiklah,selanjutnya kita akan membahas sejarah penemuan topi.

A.Sejarah Penemuan Topi
    Munculnya perkembangan topi bermula dari Thebes,salah satu daerah di negara Yunani yang terdapat di patung makam yang menunjukkan seorang pria yang mengenakan topi jerami bergaya seorang kuil.Jenis jenis topi yang pertama kali ditemukan diantaranya topi pileus,topi tengkorak sederhana,dan topi firgia yang merupakan topi yang sering digunakan oleh para budak yang dibebaskan di Yunani petasos dan Roma.

(b)Gambar topi frigia
(a)Gambar topi pileus
Topi pertama yang digunakan wanita pada zaman dahulu ada yang berbentuk kain seperti cadar dan kerudung serta topi dengan bahan yang mudah didapat seperti kerchiefs dan wimples.
          St Clement pelindung pelindung santo menklaim dirirnya sebagai pembuat topi.Ia mengatakan bahwa ia telah menemukan wol saat ia mengisi sandalnya dengan serat rami untuk melindungi kakinya.Topi yang yang dikenakan untuk wanita yang sebenarnya dipakai oleh pria pria di istana mulai terkenal dipakai pada abad ke-16.Istilah "Topi"berasal dari kota Milan Italia,dimana topi kualitas terbaik dibuat pada abad ke-18.pembuatan topi secara tradisional dilakukan oleh wanita,dengan tidak hanya menciptakan topi juga menghiasinya dengan renda serta hiasan dan aksesoris untuk melengkapi topi tersebut
           Pada paruh pertama abad ke-19,perempuan menggunakan topi secara bertahap menjadi lebih besar dengan dihiasi bunga,pita,bulu,trim kain kasa.pada akhir abad ke-19,mulai muncul gaya baru dari bentuk topi seperti topi dengan brims lebar dan mahkota datar,pot bunga dan toque tersebut.Pada pertengahan 1920 an,perempuan perempuan saat itu kebanyakan memotong rambut mereka sehingga mereka memilih topi yang melindungi kepala mereka  seperti helm.
            Sejak awal abad 21,topi flamboyan mulai berkembang pesat dan tercipta beberapa jenis topi seperti topi turban,Trompe-L'oeil,dan headpieces tinggi terbuat dari rambut manusia.

Headpieces hat
Turban hat


















Trompe-L'oeil hat

Para Pembuat Topi Yang Terkenal

1.Lock and Co
            Ia adalh salah satu pembuat topi yang terkenal dari Inggris yang bertempat di jalan St James.Selain Lock and co ada juga pembuat topi yang berasal dari Inggris,salah satunya yaitu Sharp dan Davis Dani yang tinggal di jalan Hill Street.

2.Jhon B. Stetson

          Topi yang dibuat olehnya adalah topi dengan bentuk melebar di pinggiran dan menonjol dibagian atas topi sehingga berbentuk topi koboi.Topi ini sering digunakan oleh Cowboy dan para Sheriff di Amerika.Topi ini sebagai simbol keberanian dan kebanggan di Amerika,terutama di Amerika Barat.Jika memakai Topi ini akan terlihat berwibawa dan berkharisma.

3.Elvis Pompilio
        Ia lahir pada tahun 1961 dan merupakan perancang busana asal Belgia yang mengkhususkan diri dalam topi.Ia lahir di Liege dari sebuah keluarga di Italia.Pompilio memulai bisnis pada tahun 1987 dengan sebuah lokakarya di Brussels,dimana ia menghasilkan desain untuk digunakan dalam fashion show oleh Marques seperti Dior dan Valentino.Pada tahun 1990,ia membuka sebuah toko ritel di pusat kota Brussels.Dia kemudian membuka toko di Antwerpen,diikuti dengan cabang di Paris dan London.Desainnya dijual di Amerika serikat dan Jepang.

       
           Saat ini dengan perkembangan zaman yang sangat pesat,jenis jenis topi mulai banyak dan beragam dengan kreasi para penciptanyaBeberapa.jenis jenis topi zaman ini yang paling sering dikenakan,yaitu:

1.Topi Fedora

           
           Popularitas topi fedora mulai pada puncaknya antara tahun 1920 hingga 1950.Saat itu yang banyak menggunakan topi ini adalah para gangstar dan orang orang yang terlarang sehingga dikaitkan dengan pria yang memiliki sifat pemberontak.Fedora saat ini menjadi aksesoris sehari hari bagi para pria di amerika hingga masa Jhon F. Kennedy.

2.Topi Beani
         
          Topi ini disebut juga topi kupluk,terbuat dari wol atau kasmir.Biasanya topi beani ditemukan di negara negara beriklim salju atau musim dingin,sehingga topi beani sering digunakan untuk menghangatkan kepala.

3.Topi Porkpie

           Porkpie memiliki tepi yang pendek dan atas yang datar.Topi porkpie yang paling terkenal adalah topi porkpie yang dipakai oleh Bryan Cranston ketika berperan sebagai Walter White dalam film Breaking Bad.

4.Topi Newsboy

          News mulai terkenal selama awal abad ke 20 tepatnya sekitar tahun 1910 hingga 1920an,khususnya pada pekerja kalangan bawah.Penggunaan Topi newsboy mulai merambah pada cerita seri novel yang berjudul Oliver Twist.

5.Topi Driving Cap

           Memiliki bentuk dan penampilan yang hampir sama dengan newsboy,tetapi bedanya driving cap tidak memiliki kancing di atas dan memiliki 8 panel.Gaya topi ini berasal dari negara seperti italia selatan,skotlandia,dan inggris utara.Biasanya dirving cap terbuat dari wol,tweed,dan katun.Namun tidak jarang yang membuatnya dari kulit,linen,dan corduroy.


Share:

Post a Comment

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes